Minggu, 04 April 2010

Sosok Minggu Ini

heeeeeeeeeeeey all :D

sebelumnya, gua mau ngucapin selamat buat Marcio Souza yang sudah resmi memeluk Islam.

okey, back to the topic
 
sekarang gua punya tag baru nih, judulnya 'sosok minggu ini'

***

sosok I


Ia seorang bapak tua sekitar umur 40 atau 50-an. gua biasa manggil dia 'Pak Prayet'. gua udah kenal dia sejak lama, bahkan sejak gua masih duduk di bangku SD. beliau bekerja sebagai tukang becak ag biasa mangkal di dekat rumah gua. jujur, gua ga tau rumahnya dimana, yang jelas gua udah kenal dari kecil aja. dia terbilang dekat dengan keluarga gua. kakak dan orangtua gua tentunya kenal dengan beliau. dulu, beliau sering dimintai bantuan oleh nyokap gua. mungkin, dia berasal dari desa yang sama dengan ibu gua, mungkin.
Pak Prayet adalah orang yang baik dan ramah.

suatu hari saat gua masih duduk di bangku SD.
saat itu, gua baru pulang ngaji, dan tempat ngaji gua lumayan jauh dari rumah. kebetulan gua lagi a bawa sepeda, dan akhirnya gua pulang jalan kaki. saat keluar dari gang-an pengajian, gua mampir ke warung buat beli jajan hehe.. dan abis beli jajan, gua ketemu ama Pak Prayet yang kebetulan lewat dengan becaknya. saat beliau melihat gua, beliau menawarkan gua naik becaknya, sekalian kan deket ama rumah gua. gua pun naik dengan senang hati, yaaa namanya juga gratis huahahaha



kejadian itu berlangsung sudah beberapa tahun yang lalu. dan kini, gua duduk di bangku SMA kelas 1. saat SMP, gua jarang liat Pak Prayet. gua pikir sih, mungkin beliau pulang kampung ke desanya.

namun, kini gua bertemu lagi. masih bersama becak tercintanya. beliau masih mangkal di dekat rumahku. aku masih mengenal beliau, namun kurasa ia sudah terlihat letih. tak segagah saat aku masih duduk di bangku SD. kulitnya pun sudah mulai berkerut, dan kurasa rambut putih pun sudah mulai tumbuh.
dalam seusia itu, beliau masih bertahan bersama becaknya. padahal, sekaranh sudah banyak orang-orang yang mulai berkendara, entah itu dengan sepeda, motor, atau mobilnya. otomatis, becak pun kini mulai sepi, tak seramai dulu lagi.
terkadang gua ngeliat dia sedang tidur atau duduk-duduk di atas becaknya di bawah sinar matahari sambil menunggu penumpang datang. tapi, kini keadaan sudah berbeda. becak dan ojek sudah tak seramai dulu lagi. para ojeker dan becaker yang dulu pun perlahan berkurang satu per satu. namun beliau masih bertahan melawan Jakarta dengan becaknya.


sosok II


ia tak jauh berbeda dengan Pak Prayet.
sejak duduk di bangku SMA, setiap pulang sekolah, gua hampir setiap hari gua pasti naik ojek sepeda sesudah turun dari angkot ke rumah. bahkan mungkin saking seringnya, abang-abang ojeknya sampe apal ama muka gua + rumah gua yang mana sehingga gua ga perlu ngasih petunjuk jalan.
salah satu dari para ojeker, ada seorang bapak yang usianya sudah cukup untuk merasakan pahit manisnya hidup. berhubung gua ga tau namanya beliau, maka kita sebut aja dia, 'Pak ojeker'.
terkadang saat gua naik ojeknya, dia suka ngajak gua ngobrol atau bertanya sesuatu. pernah suatu hari dia nanya gini,
Pak Ojeker : hewan mamalia itu contohnya apa ya, dek?
gua : oh itu kayak kambing, sapi, gajah. gitu-gitu deh. pokoknya yang biasanya punya kuping.
Pak Ojeker : ooooh gitu ya.. hahahaha iya cucu/anak (gua lupa cucu atau anaknya) saya nanya buat PR. heheheh
gua : oooh iya iya Pak. pokonya hewan mamalia itu ciri-cirinya melahirkan.
Pak Ojeker : iya iya hehehe


wah gua salut deh. walau dalam keadaan keterbatasan, dia masih sempet ngajarin anaknya atau cucunya itu. itu berarti dia masih peduli ama pendidikan, kan?

penah juga gini,

Pak ojeker : dek, sekolahnya dimana?
gua : di SMAN 13, Pak.
Pak Ojeker : SMPnya?
gua : di SMPN 30
Pak ojeker : oiya, dulu anak saya juga di 30. sekarang dia udah kerja di komputer-komputer gitu.
gua : ooooh iya Pak (gua bingung mau jawab apa)

ternyata anaknya pinter juga dong. hehehe
tapi, mana anaknya? kenapa bapak itu masih juga menarik ojek? mungkin, beliau tak ingin merepotkan anaknya, dengan membebani kehidupannya.


gua pernah sempet ga mau naik ojek. alasannya sih karna gua ngirit duit hehehe.
dan saat itu kebetulan pas gua lagi jalan, gua ketemu ama kakak gua yang kebetulan baru pulang juga.

kakak gua : kok ga naik ojek dek?
gua : ga ah mbak. sayang uangnya heheehe
kakak gua : naik ojek aja dek. kasian abang ojeknya jadi kehilangan satu pelanggan hehehe lagian itung-itung amal, kasian tau dek.
gua : eh. iya iya mbak. ini kan lagi ga ada duit aja hehehehe



Kesimpulan yang gua dapet :
  1. hidup di Jakarta ini tak semudah yang kita bayangkan. mungkin kita merasa betapa nikmatnya hidup ini, tapi coba tengok sekelilingmu. berbagilah selagi kita bisa, karena kita hidup tak sendiri. dan agar mereka tidak merasa sendiri, coba bayangkan kalo kita di posisi mereka. siapa sih yang mau? mari kita belajar berbagi. bebagi apapun. kita bisa berbagi rezeki, berbagi ilmu, yaaaaaa apa aja deh. berbagi itu ga cuman dari arti sisi material, dengan berbagi ilmu juga berarti kita ikut mencerdaskan mereka dan membatu mereka keluar dari kemiskinan.
  2. kasih orangtua itu kasih sejati. walau sudah dimakan usia, seorang orangtua, masih tetep inget dengan keluarganya dan anak-anaknya. walaupun orangtuamu hanya dapat memberi kasih sayang, itu sudah sebuah hadiah terbesar dan terindah. selagi mereka masih ada, ayo kita bahagiakan mereka.
  3. dukung terus pendidikan.

2 comments:

FAZY mengatakan...

Gw yakin, satu hal.
kita itu di ciptakan untuk berbagi kepada sesama,
semoga di umur kita yang singkat ini kita mampu memanfaatkan semaksimal mungkin, jalin silaturahmi,
karena hablumminallah hablumminannas.
dan gw berharap semua rekan-rekan THE BLEWER, tidak pernah takut berbagi dengan sesama,
Orang bodohlah yang mati dalam keadaan kaya,
karena tidak pernah berbagi rezekinya kepada sesamanya.
Semoga hidup ini dapat dijadikan pembelajaran,
walau waktu tak terbatas, tapi waktu kita terbatas. semoga dapat menjadi cambuk semangat kepada kita semua.

I love you all.

Syifa Alfi Maziyah mengatakan...

amiiiiiiin

Posting Komentar

comment