Jumat, 09 April 2010

jadi pembelajar sejati? hem

hey kawaaaaaan!! :D

do you know?? he?? besok gua bagi rapot mid semester!!! HUAHAHAHAHAHHA MAMPUS dah guaaaa -____________- Mom, I'm so sorry :(
hehehehehe
okey lanjut!

gua rasa sih nilai gua nanti ancur! ehhehehe yah you know why yeah.
omong-omong, gua baru aja baca endingnya doraemon. wah seru deh, dan gua salut ama alm. Fujiko F. Fujio si pembuat doraemon.
pokoknya di bagian akhir kisahnya itu, nobita lulus SMA dengan nilai terbaik. wow. dan dia kayak gitu, karna dia pingin nyembuhin doraemon yang rusak. dan si nobita bilang gini "bukan nilai yang kuinginkan, melainkan ilmu pengetahuan yang lebih jauh". ckckckckck salut banget kaaaaan. nobita yang semula dianggap temen-temennya kalo dia itu bego lah, ini lah, itu lah, tapi apa buktinya? dia berhasil kan?! bahkan dia bisa mengalahkan dekisugi.
dan bahkan nobita sama sekali ga keliatan sombong tuh! bagi gua, itulah pembelajar sejati.

menurut gua, orang pembelajar sejati itu salah satu cirinya adalah ga sombong dan pantang menyerah.
sepintar apapun oramg itu, pasti dia ga sombong. kenapa? karna dia tsadar bahwa banyak yang ga dia tau dan dia juga sadar bahwa semua orang juga bisa seperti dia. gini deh, menurut gua, semua orang itu bisa pintar. contohnya nobita. sebelumnya dia selalu dipandang bodoh, tapi apa coba buktinya?! dia bisa pintar kan? bahkan dia bisa jadi profesor. itu berarti bahwa semua orang itu bisa pintar. bisa dan berhak mendapat keberhasilan. jadi, apa gunanya sombong? dan buat apa pelit ama ilmu? ilmu itu adalah salah satu anugerah dari Tuhan. semua berhak mendapatkannya.
penah ngeremehin orang? pasti pernah! begitu pun dengan gua. menurut gua, orang sombong itu juga orang yang suka meremehkan orang lain. mungkin aja kan orang yang kita remehkan itu malah justru jadi orang yang lebih hebat dari kita. contohnya nobita. dia yang selalu diremehkan oleh teman-temannya, justru bisa jadi murid lulus SMA dengan nilai terbaik. amazing! betapa menakjubkannya! atau contoh lainnya. bang Andrie Wongso. Andrie Wongso itu adalah salah satu motivator terbaik di Indonesia bahkan bukunya aja ampe billingual gitu. tau ga? dia itu kan ga tamat SD! tapi apa? dia bisa tuh jadi orang berhasil. berarti, semua orang berhak dan BISA berhasil kan? ya kan kan?!

pantang menyerah. betapa hebatnya orang yang pantang menyerah, karna bagi dia, kegagalan itu hanyalah suatu bagian dari proses yang terkadang harus kita lewati, artinya, kegagalan itu hanyalah keberhasilan yang tertunda. sabar aja dan terus berusaha. contohnya itu ya si Nobita dan Andrie Wongso itu! mereka ga putus asa tuh. seperti kata bang Andrie "Daripada berani mati secara pengecut, jauh lebih baik berani hidup secara ksatria"
  
kesimpulan postingan kali ini :
  1. jangan sombong atau ngeremihin orang lain. karna mungkin aja dia jadi lebih hebat darimu. jangan pandang orang hanya dari nilainya aja. "ah nilainya jelek, bego dia mah!" halaaaaah masih jaman?! hahahahaha mungkin aja kan orang itu nilainya jelek karna mungkin saat ujian dia lagi stress, atau mungkin karna dia belom ngerti. nilai atau rangking itu bukan jaminan seseorang itu pintar. nilai mah bisa didapatkan dengan banyak cara. nyogok mungkin bisa?! hahahahaha maybe.  kayak orang sekolah di sekolah bagus atau orang kerja di tempat bagus aja. halah masih jaman nyogok atau korupsi?! hah? hahahahahah.. jangan hanya karna seseorang ga bisa di bidang pelajaran A atau dapat nilai jelek di pelajaran A, abis itu kita ngeremih dia. atau secara ga langsung walau bukan dengan kata-kata, kita ngeremihin dia. haaa jangan deh. jangan liat sesuatu hanya dari satu sisi. lihatlah lebih dekat, dan kau bisa menilai lebih bijaksana, men. walaupun lu, ga berbicara secara langsung contoh "eh lu bego banget sih!" atau "masa gini aja ga bisa?!". walau lu ga ngomong kayak gitu, tapi sikap, perilaku, dan mimik wajah kita tuh kebaca kalo kita ngeremihin orang itu. bahkan seringkali kita ga nyadar kalo kita itu ngeremihin dia. dan kita ga sadar, karna kesombongan telah menutup mata kita. hati-hati makanya ya. ayo sama-sama kita belajar untuk ga sombong! hehehe
  2. jangan putus asa. seperti kata gua yang sebelumnya, "jangan pernah menyerah! jangan putus asa! putus asa hanyalah kata untuk seorang pengecut. dan gua bukan pengecut". menurut gua, kegagalan itu biasa. sebuah keberhasil dengan setelah melewati sebuah kegagalan adalah suatu keberhasilan yang indah. karna dari situ kita ga cuman berhasil dalam hal itu, tapi kita juga berhasil bangkit dari kegagalan. dan bangkit dari sebuah kegagalan butuh sebuah keberanian dan tekad yang besar.
  3. jangan lupain jasa orang-orang di sekelilingmu. sekecil apa pun jasa orang itu. jangan sampai saat orang itu sudah tiada atau pergi dari sampingmu, lu akan nyesel. hargailah mereka. mereka juga manusia yang punya perasaan. karna mungkin saja tanpa kita sadari, karna jasanya yang terkesan kecil itu mempengaruhi kita hingga kita mencapai suatu berhasil.
  4. belajar itu ga cuman di sekolah. dari kehidupan sehari-hari pun kita dapat memperoleh pelajaran. pelajaran tentang kehidupan. tentang dunia ini yang luas. tentang orang-orang di sekitar kita. ayo dong belajar bersama untuk care dengan sesama. dari situ mungkin kita bisa memaknai hidup ini. bahagia itu milik kita bersama.
  5. jangan pelit untuk berbagi, termasuk juga jangan pelit ama ilmu. ilmu itu adalah anugerah dari Tuhan. 
  6. bagi gua, nilai itu bukan berarti kita udah pinter lah, master lah. haaaa... nilai mah bisa didapetkan dengan berbagai cara!

omong-omong, salah satu hal yang ga gua suka itu adalah diremehin. mungkin karna gua pernah diremehin ama orang, makanya sejak itu gua ga suka diremehin. makanya gua lagi belajar untuk ga ngeremehin orang. ga enak tau rasanya diremehin! rasanya tuh kayak orang bego, kayak ga dihargain keberadaan atau kemampuan kita.

pantang menyerah itu sulit. gua pun ga jarang sering mengeluh atau merasa hampir diambang keputus asaan. makanya, ayo sama-sama belajar menjadi pembelajar sejati. ayo sama-sama sebarkan cinta dan semangat! alangkah indahnya sebuah persahabatan atau ikatan (ikatan ga harus pacaran loh! keluarga, pertemanan atau sahabatan juga termasuk ikatan kan?!) bila diiringi dengan tebaran cinta dan semangat.

postingan ini bukan bermaksud menggurui. gua cuman bermaksud untuk menyemangati dan mengajak kita bersama-sama belajar untuk jadi lebih baik. percaya deh, kalo kita lagi putus asa tuh rasanya ga enak banget. kita akan ngerasa lemah banget. itu untuk yang bener-bener putus asa ya. makanya ada aja yang ampe mengakhiri hidup secara pengecut alias mati.

mungkin, kalian menganggap gua terlalu menggurui atau apalah itu. tapi, disini gua cuman mau berbagi semangat, biar kalian tetap tersenyum. karna kita hidup tidak sendiri, kawan :D





with love, peace, and spirit ;) :D
-Syifa Alfi Maziyah

3 comments:

Syifa Alfi Maziyah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
FAZY mengatakan...

andrie wongso itu hebat cuy,
gw punya bukunya,
dia walaupun ga tamat SD,
dia bisa jadi pelatih bela diri,
aktor film kung fu,
dan seorang pengusaha,
dia itu multi talent deh,

He really inspired me.

Syifa Alfi Maziyah mengatakan...

ha gaya lu! gua juga punya ye! hahahha

Posting Komentar

comment